Thanksgiving, Waktu Mudiknya Orang Amerika

1
718

Michigan, Pojoksamber.com – Thanksgiving Day adalah salah satu hari besar yang dirayakan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Pada hari perayaan ini, semua kegiatan diliburkan, dan merupakan libur nasional. Perlu diketahui, kebijakan  libur tidak sama di semua negara bagian AS. Tetapi, semua negara bagian tersebut menerima Hari Thanksgiving sebagai hari libur. Thanksgiving jatuh selalu pada hari Kamis keempat setiap bulan November. Tahun ini, Thanksgiving jatuh pada Kamis, 27 November 2014.

Thanksgiving mempunyai kisah awal yang beragam. Salah satu versi resmi menyebutkan, perayaan bermula saat pendatang Eropa mulai menetap di benua baru, Benua Amerika, dan belajar bercocok tanam. Penduduk asli pun menyambut kedatangan mereka dengan bekerja sama. Menjelang musim dingin, saat panen terakhir selesai, pesta bersama diadakan. Pada musim dingin, wilayah Amerika Utara tidak bisa bercocok tanam. Karena, seluruh lahan akan tertutup salju berbulan-bulan lamanya.

Banyak versi mengenai perayaan ini, dan selalu berubah sesuai perjalanan sejarah. Tidak semua bercerita mengenai keindahan hubungan pendatang dan pribumi. Banyak juga yang menceritakan hal sebaliknya, yaitu saat pendatang merayakan kemenangan mereka atas pendudukan yang dilakukan.

Di Kanada, perayaan ini dilakukan lebih cepat. Karena, waktu panen mereka lebih cepat datang. Hal itu terkait dengan kondisi iklim, di mana musim dingin datang lebih cepat daripada di AS pada umumnya.

Jadi dari sisi sejarah, sebaik atau seburuk apapun yang sebenarnya terjadi, sepanjang sekian ratus tahun di “benua baru” itu antara pendatang dan orang asli, maka jelas sekali, Thanksgiving adalah budaya baru dan berlaku untuk masyarakat di Benua Amerika Bagian Utara. Perayaan ini bukanlah bagian dari perayaan agama apapun.

Perayaan ini, yang jatuh pada hari Kamis, akan diikuti perayaan lain, yaitu Black Friday sehari setelahnya. Di mana, semua toko akan mendiskon harga jual barang mereka. Diskon tahunan yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat di Amerika. Akhir-akhir ini, ada tren baru serupa Black Friday, yaitu memperpanjang waktu belanja dengan mengadakan Cyber Monday. Cyber Monday adalah waktu di mana diskon besar diberikan bagi pembelanja melalui daring khusus di hari Senin pertama setelah Black Friday.

Thanksgiving adalah hari di mana semua orang yang tinggal, atau terkait dengan budaya Amerika, berkumpul bersama keluarga. Banyak dari mereka yang “pulang kampung” untuk merayakan Thanksgiving bersama keluarga besar, orangtua, dan kakek nenek. Mereka makan bersama. Dan biasanya, pada saat itu, sajian tradisional muncul di atas meja, termasuk sajian ayam kalkun yang kini menjadi ciri khas perayaan ini.

Makan bersama, ternyata, adalah hal terindah yang dapat menyatukan siapapun.

 

Penulis: Hartanto (Warga Indonesia di Michigan, AS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY