Sejumlah Penulis Berpengaruh Akan Hadiri Festival Sastra ASEAN 2017

Metro, Pojoksamber.com-Sejumlah  penulis berpengaruh dan kritis dari kawasan Asia Tenggara akan hadir pada pergelaran sastra ASEAN Literary Festival 2017 di kawasan Kota Tua, Jakarta, 3-6 Agustus 2017 mendatang.

ASEAN Literary Festival akan diikuti penulis dari 10 negara ASEAN dan puluhan lainnya dari lebih dari 20 negara di lima benua, Festival kali ini juga digelar bertepatan dengan perayaan 50 tahun ASEAN.

Penulis ternama asal Malaysia, Faisal Tehrani, yang bukunya dilarang diedarkan di negaranya sendiri. Ada juga penulis Tanah Air yang baru saja meraih penghargaan cerpen terbaik Kompas, Martin Aleida.

Faisal Tehrani dijadwalkan akan membuka ALF dengan memberikan kuliah umum tentang demokrasi, kebebasan berekspresi dan sastra di Asia Tenggara. Karyanya juga menjadi satu-satunya novel kontemporer oleh penulis Malaysia yang masuk Ensiklopedia Novel (Blackwell, 2011).

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Hilmar Farid juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato tentang usaha menyatukan Asia Tenggara lewat sastra.

Tahun ini ALF mengambil tema “Beyond Imagination” dan diselenggarakan bertepatan dengan perayaan 50 tahun berdirinya ASEAN. Kegiatan yang akan diselenggaran adalah Sastra Masuk Kampung, Residensi, Jambore Nasional Sastra, hingga seminar dan pameran buku.

 

Penulis : Rio

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *