Lucty Giyan Sukarno: Giatkan Literasi Melalui Media Sosial

0
248

Metro, Pojoksamber.com- Perpustakaan SMAN 2 Metro adalah salah satu perpustakaaan yang cukup aktif di media sosial. Selain rajin berpromosi, beragam kegiatan literasi juga digerakan melalui media sosial. Hal ini berdampak langsung pada peningkatan budaya literasi khususnya dikalangan siswa SMAN 2 Metro.

Kepada pojoksamber.com, Luckty Giyan Sukarno, Pustakawan SMAN 2 Metro menjelaskan bahwa perpustakaan  SMAN 2  Metro adalah perpustakaan yang aktif menerapkan promosi perpustakaan melalui media sosial.

“Selain memiliki akun khusus perpustakaan di media sosial, kami juga membuat klub baca, bekerjasama dengan para penerbit buku untuk memberikan reward lomba menulis , resensi buku dll untuk mendorong perkembangan dunia literasi,”ujarnya.

Dampak nyata dari penerapan media sosial ini sendiri menurut Luckty sangat terasa dari peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan.

“Pada tahun 2011 ada 6.518 pengunjung, dan  setelah aktif berpromosi  meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 15.421 pengunjung,”tambahnya.

Meningkatnya pengunjung perpustakaan secara langsung juga berdampak pada meningkatkan volumen peminjam buku. Lucty menyebut bahwa di tahun 2011 ada 2.180 peminjam dan meningkat tajam dari tahun ke tahun sampai tahun 2015 mencapai 8.940 peminjam buku di perpustakaan SMAN 2 Metro.

Menurutnya mengenalkan perpustakaan melalui media sosial tidaklah membutuhkan biaya yang besar tapi memberikan dampak yang besar bagi perpustakaan.

“Yang dibutuhkan perpustakaan untuk melakukan promosi melalui media sosial hanyalah koneksi internet, waktu, tenaga dan pikiran dan  semua orang bisa melakukannya,” pungkasnya

Penulis : Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY