Bank Makanan untuk Mahasiswa di Michigan State University

Bank makanan atau lebih dikenal sebagai foodbank adalah salah satu kegiatan mahasiswa di Michigan State University (MSU). Foodbank merupakan kegiatan untuk memenuhi keperluan mahasiswa akan makanan tetapi tidak berarti mencukupi semua keperluan makanan. Disini disediakan makanan pendukung, biasanya bahan makanan dalam kaleng atau kemasan, untuk membantu setidaknya setengah dari keperluan makanan mahasiswa.

Di Foodbank MSU  tersedia beragam jenis makanan pendukung tadi, seperti misalnya sayuran, buah-buahan, bahan sup, pasta, atau beras, serta sereal. Semua mahasiswa yang memerlukan tambahan bahan makanan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan prosedur khusus.

MSU merupakan universitas pertama di Amerika yang menyelenggarakan foodbank yang dilakukan oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa, dan dimulai sejak tahun 1993. Bahan makanan yang didistribusikan berasal dari banyak pihak. Ada yang merupakan sumbangan langsung dari berbagai institusi dan ada juga dari personal. Pendonor dapat menyumbang berupa uang yang nantinya dibelikan ke distributor dengan harga diskon yang sangat besar, sehingga dapat diperoleh bahan makanan yang mencukupi untuk keperluan peserta foodbank.

Kegiatan foodbank oleh GLFB

Kegiatan foodbank di MSU juga didukung oleh Greater Lansing Foodbank (GLFB), yang merupakan organisasi nonprofit yang menyediakan layanan foodbank untuk penduduk di seputaran Greater Lansing: Ingham, Eaton, Clinton, Shiawassee, Clare, Isabella and Gratiot county (kalau taksalah semacam satuan administrasi Kabupaten). MSU terletak di wilayah Ingham county.

GLFB melakukan kegiatan yang serupa dengan sasaran penduduk di wilayah yang disebutkan diatas. Mereka bekerjasama dengan banyak organisasi sosial dan juga kelompok kegiatan di tempat-tempat ibadah (gereja, masjid, dll) untuk penyaluran atau distribusinya. Mahasiswa MSU yang tinggal di wilayah tersebut diperbolehkan juga memanfaatkan foodbank yang dilaksanakan oleh GLFB.

Foodbank sangat membantu bagi mahasiswa dengan beasiswa yang dibawah standar kehidupan normal di sini…

 

Penulis : Hartato Sanjaya (WNI, Bermukim di Michigan, Amerika Serikat)

 

2 thoughts on “Bank Makanan untuk Mahasiswa di Michigan State University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *